Semana Santa Larantuka 2017

Tanggal 12-16 April 2017, gw bareng temen2 (Ryan, Luze, Pipin, Kelly) pergi ke Larantuka, Flores Timur buat ikut prosesi Semana Santa. Apa itu Semana Santa? Well, intinya tradisi Paskah turun temurun dari zaman Portugis, udah lebih dari 5 abad tradisi ini (penjelasan lebih lanjut bisa googling ya.. serius googling soalnya istilah2 yang dpake bakal cukup bingung kalo ga googling) Ohya berhubung ini tradisi yang cukup menarik wisatawan asing dan lokal, ada baiknya pesan tempat tinggal dari jauh2 hari.. hotel2 disini bahkan dibook H-365.. 1 taun sebelum ud booking. Gw sama temen2 cukup beruntung karena ada temen disana, jadi buat urusan tempat tinggal ga pusing (luck for us) . Harga tiket pesawat ke Larantuka juga bisa 2-3x lipat harga normal kalo mendekati event. Jadi ya kalo ga ada kerabat disana, mending persiapan bener2 mateng dan jauh2 hari.

Hari 1 (Rabu Trewa)
Gw ambil flight paling pagi dari Kupang ke Larantuka, cuma 45 menit aja. Ambil flight pagi biar bisa liat proses persiapan Semana Santa. Sampe di Larantuka, jangan kaget sama bandaranya, kecil, mirip kantor lurah dikasi runway pesawat. Tujuan pertama kita ke rumah oma opa temennya Luze di daerah Postoh, kesana bisa naik “taksi” dengan tarif yang harusnya cuma 100ribu, tapi berhubung kita ga ngerti harga standar, bayar dengan rela dan polos 200rb.. hiks.. Jalan di Larantuka cuma ada 1 jalur dari airport, jadi ga mungkin nyasar. Sepanjang perjalanan.. view lautnya bagus.. bangett.. Sampe di rumah oma opa temen, naro barang2, kita disuru Oma Merry ke Katedral Reinha Rosary buat registrasi peziarah, jarak rumah ke Katedral cuma 3 menitan, deket banget. Sampe di gereja, kita ke pos registrasi peziarah. Selama prosesi ini, seluruh peziarah kecuali penduduk lokal harus terdaftar disini dan dapet kartu peziarah yang harus dipake, biaya registrasinya 5ribu per orang, ada juga buku jadwal selama Semana Santa harganya 10rb, saran sih beli aja buku jadwalnya, guna koq.. Dari Katedral, kita jalan2 mau ke Kapel Tuan Ma dan Kapel Tuan Ana, sepanjang jalan untuk prosesi sudah terpasang tikam turo dan suasana kota Larantuka juga uda siap buat prosesi keagamaan ini. Dari Katedral jalan lurus aja (yup, jalan kaki, ga boleh ada kendaraan melintas) sepanjang tikam turo bakal nyampe ke Kapel Tuan Ana, seberang kapela ada patung Mater Dolorosa, ohya sekali lagi, pemandangan lautnya bagus parah sepanjang perjalanan. Dari Kapel Tuan Ana aslinya mau lanjut ke Kapel Tuan Ma, tapi udah janji sama oma buat ikut ke Wureh ke kapel yang ada patung Tuhan Yesus Berdiri. Aslinya kita ga tau Wureh ada dimana, cuma iyain ajakan oma, menuju kesana ternyata harus naik kapal motor nyebrang selat Gazelo ke Pulau Adonara, selama naik kapal, kita bisa bener2 liat air lautnya jernih banget.. nyebrang selat makan waktu kurang lebih 20 menit, puas2in dah foto2 laut di kapal.. hehe… nyampe di Pulau Adonara, jalan kaki bentar buat sampai ke Kapel Senhor, Wureh. Disana ada patung Yesus lumayan gede, yang bikin bingung bukan patung Yesusnya (sorry Jesus :’( ) tapi ada patung ayam sebelah patung Yesus. Penasaran? Sama… hehe.. slese dari Wureh kita balik ke Larantuka naik kapal again dan menikmati laut again. Biaya naik kapal PP cuma 20rb per orang, murahh..kita langsung ke rumah buat persiapan ikut Lamentasi di Katedral. (btw Oma Merry ini ketua lingkungan, jadi informasi dan tips2 Semana Santa cukup baik). Apa itu Lamentasi? Monggo googling aja ya.. hehe.. Abis ikut Lamentasi ada yang namanya Rabu Trewa. Trewa ini lokasinya terpusat di depan Kapel Tuan Ma, tapi pas kemarin kita ga liat karena misinformasi, kita kira sepanjang jalan yang ada tikam turonya.. jadi kita balik ke rumah dan ga liat acara Trewa.. hiks..
Hari 2 (Kamis Putih)
Hari ini jalannya acara Semana Santa mulai padat.. Pagi dimulai Misa Imamat di Katedral Renha Rosary. Selesai misa kita balik ke rumah buat sarapan, ohya FYI selama Semana Santa, daerah sekitaran prosesi cukup sulit cari makan, kalo sekedar minum banyak.. Rencana pagi ini, kita mau liat acara Muda Tuan Ma dan Muda Tuan Ana (Muda Tuan Ma dan Ana pengertiannya kurang lebih upacara pengeluaran patung Tuan Ma dan Tuan Ana yang hanya saat Semana Santa dikeluarkan.. so 1 tahun sekalii..). Muda Tuan Ma dijadwal lebih dulu, jadi kita ke Kapel Tuan Ana dulu. Saran aja sih, selama prosesi Semana Santa wajib banget bawa topi , sunglass, sunblock spf 50.( dari saran kebayang kan gmana kondisinya.. hehe…). Sampai di kapela Tuan Ma, kita ikut prosesi Muda Tuan Ma sampe selesai tapi ga ikut ngantri buat cium Tuan Ma, soalnya ada waktu yang lebih baik dibanding abis Muda Tuan Ma langsung.. ngantrinya ditambah teriknya matahari lumayan bikin pingsan kalo kita tetep ikut. Selesai dari kapela Tuan Ma, kita rencana balik ke rumah, perjalanan balik ke rumah kita lewatin Kapel Tuan Ana dan sedang berlangsung Muda Tuan Ana disitu, tapi kita skip ga ikut Muda Tuan Ana.. hehe.. Sampai di rumah kita siap2 buat Misa Kamis Putih.. Penjagaan pintu masuk Katedral sangatt sangat super ketat, udah kayak mau masuk ke bandara, semua tas wajib dibuka, metal detector.. di cek satu2 lah.. ketat banget. Selesai Misa Kamis Putih, kita nyoba iseng mau tau antrean yang mau cium Tuan Ma dan Tuan Ana… dannn engg ingg engggg,,, puanjanggg bangetttt.. ada kurang lebih antrian 500 meter.. liat antrean sepanjang itu bikin kita balik rumah dan rencana besok pagi2 banget aja cium Tuan Ma dan Tuan Ana.
Hari 3 (Sesta Vera)
 Hari ini puncak prosesi Semana Santa, yaitu Sesta Vera. Dresscode hari ini pokoknya serba hitam,, jangan lupa. Sesuai rencana kemarin, gw bangun pagi2 dan pergi ke Kapel Tuan Ma sekitar jam 5 pagi. Sepanjang jalan kesana, para peziarah juga uda aktif jam sgtu dengan tujuan yang sama.. pas nyampe deket kapel Tuan Ma, tetep aja masi ngantri.. hikss.. tapi antriannya ga sepanjang kmarin malam dan masi bisa ditolerir.. skip2 ngantri kurang lebih 1 jam akhirnya bisa juga ikutan cium patung Tuan Ma, ohya selama prosesi ini, semua tas wajib dititipkan diluar kapel. Selesai dari Kapel Tuan Ma, gw lanjut buat cium Tuan Ana, nyampe di Kapel Tuan Ana, antriannya cukup pendek, cuma skitar 5 menit antri ud bisa koq, ga kyk kmaren yg kyknya perlu 5 jam :p. Dari Kapel Tuan Ana, balik lagi ke rumah buat persiapan prosesi siang. Yang perlu dibawa adalah lilin jumbo, saran aja, beli lilin yang tradisional aja yang banyak dijual selama Semana Santa, bukan yg modern bikinan pabrik, lilin tradisional bikinan warga warnanya ga seputih punya pabrik, tapi percaya deh.. itu lilin bakal tahan sampe prosesi selesai, lilin bikinan pabrik ga sampe setengah prosesi juga uda abis. Prosesi siang dimulai dari Prosesi Laut dimulai, berhubung gw ga ikut prosesi laut, jadi cuma nunggu di Pantai Kure, tempat prosesi laut berakhir dan Tuan Meninu diarak ke armida nya. Selesai dari prosesi laut, kita ikut iring2an Tuan Meninu dianter ke armida, tapi kita ga ikutan belok ke arah armida Tuan Meninu, kita lurus ke Kapel Tuan Ma buat ikut prosesi perarakan Tuan Ma ke Katedral Renha Rosary. Selama kita ikut perarakan Tuan Ma, lilin uda dinyalakan. Dari Kapel Tuan Ma, perarakan akan berhenti sejenak di Kapel Tuan Ana, ini yang istilahnya Tuan Ma jemput Tuan Ana untuk selanjutnya ke tempat akhir perarakan di Katedral. Sesampainya Tuan Ma dan Tuan Ana di Katedral, dilanjutkan Misa Jumat Agung. Setelah Misa Jumat Agung, balik lagi ke rumah buat makan sebelum ikut prosesi malam, ohya sebenernya abis misa, ada yang namanya Seribu Lilin yang lokasinya di kuburan deket gereja, tapi saran dari oma opa skip aja soalnya siapin tenaga buat malem. Selesai makan, kita balik lagi ke gereja dan udah ada pembagian kelompok 1-4 untuk prosesi malam, kita ikut rombongan kelompok 1. Prosesi malam mulai setelah Lakademu ke area kuburan untuk berdoa disana. Jangan lupa bawa lilin tadi siang ya. Jalur prosesi ini dibatasin tikam turo, dimulai dari Katedral dan selesai juga di Katedral. Kurang lebih 3 km an jaraknya. Kita akan melewatin 8 armida, dan disini terbukti bahwa lilin buatan lokal jauh lebih kuat, lilin pabrikan cepet banget abis.. hehe.. Selesai prosesi malem kurang lebih jam 2 pagi, jadi bener2 butuh stamina yang cukup, juga kalo bisa jangan bawa bayi ato anak kecil, kasian, pasti rewel.
Hari 4 (Malam Paskah)
Setelah cukup lelah mengikuti prosesi Sesta Vera, pagi2 skitar jam setengah 7, gw ud ke Katedral buat ikut prosesi perarakan kembali Tuan Ma dan Tuan Ana ke Kapel masing2. Meskipun prosesi malam selesai dini hari, tapi para peziarah yang mengikuti perarakan ini juga masi banyak loh. Selesai perarakan pengembalian Tuan Ma dan Tuan Ana, gw balik ke rumah, dan sepanjang perjalanan, hati2 ya.. licin banget, sepanjang jalan prosesi, tetesan lilin di jalan leleh, jadi super duper licin, denger2 banyak motor jatuh saking licinnya ini jalan. Hari ini acara tidak sepadat kmarin, masi banyak waktu istirahat buat persiapan Misa Malam Paskah. Karena waktu cukup panjang, kita jalan2 ke Kapel Gabriel Manek dan Kapel Tuan Meninu. Tuan Meninu sendiri juga sudah diarak kembali ke kapel setelah perarakan Tuan Ma dan Tuan Ana. Puas main2, kita balik ke rumah buat persiapan Misa Malam Paskah.
  Hari 5
 Pagi2 bener kita uda ke airport. Semana Santa ud selesai, pengalaman yang ga bakal dilupain deh.. back to reality.. hehe…